Selasa, 23 September 2008

Wuiih...Terowongan Mewah Narkoba


MEXICO CITY - Terowongan untuk menyelundupkan obat bius biasanya gelap, kotor, dan sempit. Maklum, dibuat terburu-buru dan sangat rahasia. Ini merupakan paradigma lama karena polisi Meksiko, Selasa (2/9), menemukan terowongan sepanjang 140 meter, lebar 1,3 meter, dan berada sekitar 5 meter dari permukaan tanah.

Yang mengejutkan, pintu terowongan yang jaraknya kurang 60 meter dari perbatasan Meksiko dan Negara Bagian California, AS, itu ternyata dilengkapi dengan lampu, rel listrik untuk transportasi, ventilasi, dan pendingin udara (AC).

Juan Miquel Guillen, pemimpin polisi di Negara Bagian Baja California, Meksiko, mengatakan ujung terowongan itu berada di sebuah rumah. Berawal dari patroli polisi di Mexicali dan menangkap delapan orang yang dicurigai. Terowongan melintasi perbatasan di Calexico, AS.

”Para tersangka mengaku sedang memperbaiki rumah, yang sebenarnya mereka sedang membangun terowongan itu,” ujar Guillen. Kepolisian California dan Badan Pengawas Obat-obatan AS (DEA) kini mendatangkan alat penggali untuk menemukan akhir dari terowongan ”mewah” itu di ujung wilayah AS.

Sebagian besar kokain dan marijuana diselundupkan ke wilayah AS lewat Meksiko. Semua perdagangan gelap tersebut diatur kartel-kartel yang berbasis di perbatasan Meksiko. Persaingan antarkartel obat terlarang menyebabkan angka kematian di Meksiko meningkat. Sepanjang tahun ini 3.000 orang tewas berkaitan dengan obat bius. Apalagi setelah Presiden Meksiko Felipe Calderon sejak tahun 2006 mengobarkan perang terhadap kartel obat bius.

Tidak ada komentar: